Siklus Ini yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Setiap Bulannya

Siklus Ini yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Setiap Bulannya

Tubuh wanita memang sangat rumit dan penuh dengan misteri. Jika seminggu yang lalu kamu sangat bahagia, bisa jadi seminggu ke depan kamu bisa sangat sedih dan emosional tanpa sebab. Hal tersebut ternyata tidak hanya terjadi begitu saja. Hormon dalam tubuh wanita adalah faktor utama yang menjadikan wanita sosok yang paling rumit di bumi ini.

Agar tidak kebingungan dengan tubuhmu sendiri, sebaiknya mulai pahami siklus yang terjadi dalam tubuh wanita setiap bulannya seperti berikut:

Hari 1-2

Menstruasi dapat dijadikan tanda awal dalam perputaran hormon tubuh wanita. Dalam buku manajemen kesehatan menstruasi disebutkan bahwa saat menstruasi kadar estrogen dalam tubuh berada dititik yang rendah, membuat tubuh menjadi sangat lelah secara fisik dan mental di awal menstruasi. 

Salah satu penyebab tubuh terasa sangat lelah adalah rasa kram yang luar biasa di dalam perut. Dalam kondisi ini sebaiknya kamu melakukan pemanasan ringan agar tubuh lebih rileks dan tidak terlalu tegang.

Hari 3-5

Saat menjelang hingga menstruasi berakhir, hormon estrogen akan kembali meningkat. Energi kembali terisi dan kamu merasa sangat bersemangat. Ini merupakan saat yang tepat untuk kamu melampiaskan energi dengan berolahraga.

Hari 6-9

Beberapa hari setelah menstruasi, hormon estrogen dan hormon testosteron ikut meningkat. Kamu akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh kamu, seperti kulit jadi lebih cerah dan tubuh terasa sangat ringan.

Hari 10 – 13

Ini merupakan kondisi dimana hormon estrogen berada di puncaknya. Mood kamu menjadi sangat bagus dan kamu sangat dipenuhi dengan energi positif. Kondisi ini juga merupakan puncak kesuburan. Untuk kamu yang sedang dalam program kehamilan, ini adalah saat yang tepat untuk membuahi sel telur yang telah matang.

Hari 14-18

Perubahan kadar estrogen dan testosteron akan kembali turun membuat mood kamu berubah secara drastis. Hal ini membuat suasana hati menjadi tidak karuan dan kamu menjadi sangat lelah dan emosional.

Hari 19-22

Di hari ke 19 - 22 hormon estrogen perlahan menurun dan hormon progesteron meningkat. Hal ini membuat kulit menjadi sensitif dan berminyak. Dalam kondisi ini sebaiknya kamu perbanyak mengonsumsi makanan sehat.

Hari 23 – 25

Kondisi ini merupakan puncak dari hormon progesteron. Ini adalah kondisi dimana libido berada dititik terendah, membuat hidup terasa datar dan tidak bersemangat.

Hari  26-28

Setelah perasaan yang sangat datar pada beberapa hari sebelumnya, pada hari ke 26-28 ini semangat kamu perlahan meningkat. Hormon serotonin yang sedang meningkat ini dapat kamu manfaatkan dengan berolahraga. Hal ini berfungsi untuk meringankan rasa nyeri pada payudara.  Sebaiknya kamu hindari kafein dan gula, cukupi juga kebutuhan cairan tubuh kamu jangan sampai dehidrasi. Dan setelah itu kamu akan mengulang kembali semua proses dari awal.

Seperti itulah perjalanan tubuh wanita setiap bulannya. Memang sangat melelahkan jika harus mengulangi fase yang sama setiap bulannya. Tapi, dengan adanya EDIVA Pure kini kamu dapat mengatasi gejala perubahan hormon dan nyeri berlebih saat PMS. Karena di dalam EDIVA Pure terkandung bahan-bahan alami seperti minyak evening primrose, vitamin D, dan buah GAC yang tinggi akan beta karoten membuat aliran darah jadi lancar, rasa nyeri saat pramenstruasi pun dapat teratasi dengan baik. Sehingga kamu tetap bisa melakukan kegiatan apapun tanpa harus terganggu nyeri pra menstruasi.

 

Reference: Youtube Account Glamour ( Judul: This is your period in 2 minutes)