Cara Menghadapi Susah Tidur Karena Menstruasi

Cara Menghadapi Susah Tidur Karena Menstruasi

Tidak hanya mengganggu aktivitas harian, menstruasi juga kerap kali membuat para wanita mengalami susah tidur. Menurut National Sleep Foundation, sebanyak 23 persen wanita melaporkan sulit tidur nyenyak seminggu sebelum haid dan 30 persen wanita lainnya mengalami kesulitan tidur selama menstruasi. 

Rasa kram, dan sakit melilit di bagian perut bawah saat menstruasi menjadi penyebab utama yang membuat wanita terjaga di tengah malam. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Simak tips berikut untuk mengetahui cara meminimalisir rasa sakit menstruasi yang mengganggu tidurmu.

1. Mandi Air Hangat

Persiapan pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi menstruasi di malam hari adalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat tidak hanya membuat pikiran rileks, tetapi juga menghilangkan pegal – pegal.

Mengutip dari pernyataan dewan penasehat medis di Nutritional Magnesium Association, Dr. Carolyn Dean yang mengatakan bahwa mandi air hangat dapat membantu meningkatkan dan memperlancar sirkulasi tubuh. Itulah alasannya kenapa mandi air hangat perlu kamu lakukan ketika menstruasi datang.

2. Hindari Makanan Berlemak

Perlu kamu ketahui jika makanan yang kamu konsumsi sebelum tidur akan mempengaruhi kenyamanan selama kamu tidur. Sebaiknya hindari makanan yang dilarang saat menstruasi sebelum kamu tidur, seperti makan – makanan yang berlemak dan manis. Tujuannya agar perut kamu lebih bersahabat di malam hari. Mengapa? Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine mengatakan bahwa makanan berlemak dan manis dapat dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh, membuat perut menjadi kembung dan sering kontraksi.

Untuk menghindari kontraksi berlebih, sebaiknya kamu makan-makanan rendah lemak, buah - buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian saja.

3. Kompres sebelum tidur

Setelah mandi dan makan luangkan waktu sekitar 10 – 15 menit untuk mengompres perut kamu. Untuk mengompres kamu dapat menggunakan kain atau botol yang diisi dengan air hangat. Setelah kompres bagian perut yang terasa sakit. Tujuannya sama seperti mandi dengan air hangat, yaitu memberikan relaksasi dan memperlancar sirkulasi darah, bedanya dengan kompres kamu dapat langsung ke bagian tubuh yang terasa sakit.

4. Tidur Tengkurap

Setelah mengompres, sekarang saatnya kamu untuk tidur dengan tenang. Tetapi sebelum tidur perhatikan terlebih dahulu posisi tidur kamu, karena posisi tidur akan sangat membantu memberikan rasa nyaman pada perut.

Posisi tidur yang paling tepat saat kamu menstruasi adalah dengan melakukan posisi tidur fetal, yaitu posisi tidur yang membentuk janin. Caranya, posisikan tubuh kamu menyamping dan menekuk kaki hingga lutut sejajar dengan dada. Dan saat tidur sebaiknya kamu hindari posisi terlentang atau tengkurap, karena posisi tersebut memberi ketegangan pada otot di sekitar bokong atau perut membuat nyeri semakin bertambah.

Setelah itu jangan lupa juga untuk rutin konsumsi EDIVA Pure, kenapa? Karena kandungan alami EDIVA Pure yang terbuat dari minyak buah GAC, vitamin D, dan minyak evening primrose efektif mengurangi rasa sakit berlebih ketika menstruasi datang. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada EDIVA Pure juga dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Yuk, sedia selalu EDIVA Pure sebelum menstruasi datang mengganggu tidurmu.

Referensi: www.idntimes.com