5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Kamu Hindari Saat Haid

5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Kamu Hindari Saat Haid

#ParaDiva, perlu kamu ketahui selain membuat emosi tidak stabil ternyata perubahan haid juga bisa membuat nafsu makan kamu melonjak. Hal ini dikarenakan ketidakstabilan hormon estrogen dan progesteron-lah membuat seseorang menjadi emotional eater, sehingga semua keinginan harus dituruti dan nafsu makan jadi sulit dikendalikan.

Walaupun kamu dalam kondisi emotional eater, kamu tetap harus bisa memilah dan memilih makanan mana saja yang sebaiknya dihindari ketika haid. Karena jika sedikit saja salah makan bisa-bisa menstruasi kamu malah semakin kacau.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari agar menstruasi jadi lebih nyaman.

  • Makanan Asin 

Sebaiknya kamu hindari makanan asin saat menstruasi datang, hal ini dikarenakan tingginya kandungan natrium pada makanan asin membuat cairan yang kita minum jadi  menumpuk, sehingga memperlambat proses pencernaan, hal inilah yang menyebabkan perut terasa semakin kembung. Sehingga akan sangat menggangu ketika kamu sedang haid. Dan tanpa kita sadari makanan tinggi natrium tersebut justru sering kita jadikan sasaran empuk untuk disantap seperti junk food, snack, dan mie instan. 

  • Makanan Manis 

Makanan manis seperti coklat dan permen memang sangat membantu menenangkan hati saat menstruasi. Tetapi Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti menyebutkan bahwa melonjaknya kadar gula darah secara ekstrim dapat menyebabkan perubahan mood yang signifikan. Hal ini dikarenakan hormon esterogen yang tugasnya menjadi penyeimbang metabolisme menjadi terganggu. Jadi, jika kamu tidak ingin mood swing semakin parah sebaiknya kamu menghindari makan-makanan manis. 

  • Daging Berlemak 

Sate, tongseng, steak, rendang, dan iga bakar memang menjadi  primadona untuk melampiaskan rasa lapar. Tetapi, sayangnya makan daging berlemak juga memiliki efek yang sama dengan mengonsumsi makanan tinggi kadar garam, yaitu membuat perut kembung. Selain itu lemak jenuh yang tinggi juga menyebabkan peradangan yang membuat perut kamu kram.

  • Nasi Putih dan Tepung 

Sama seperti mengonsumsi makanan manis, makan–makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan tepung juga dapat menambah fluktuasi gula darah yang berakibat pada perubahan mood. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih dan tepung juga dapat menyebabkan lonjakan darah yang drastis sehingga menyebabkan peradangan di area perut.

  • Susu 

Mengonsumsi susu juga dapat meningkatkan risiko perut kembung yang akhirnya mengganggu haid kamu. Hal ini bisa terjadi dalam batas toleransi masing-masing tubuh seseorang. Walaupun begitu, kamu tetap bisa minum susu dengan cara membatasi konsumsinya.

Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Sedang Haid

Ternyata banyak juga ya pantangan yang harus #ParaDiva hindari saat mensturasi datang. Lalu, jenis makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya kita konsumsi selama sedang haid? Perhatikan gambar berikut ini.

7-makanan-dan-minuman-infograafis

Agar kamu dapat menjalani haid dengan mudah dan lancar sebaiknya #ParaDiva mengonsumsi EDIVA Pure setiap hari. Kandungan minyak evening primrose, vitamin E, dan minyak buah GAC EDIVA Pure dapat membantu kamu mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi. Jadi, #ParaDiva  tetap bisa melakukan apa saja yang kamu mau, tanpa terganggu nyeri akibat menstruasi.